Merawat Laptop/Notebook


NOTEBOOK/LAPTOP
Notebook atau orang lebih suka menyebutnya laptop atau dalam bahasa gaul sekarang Lappie. Kalau Negara tetangga kita Malaysia menyebutnya komputer riba. Didalam artikel yang pernah saya baca sebetulnya Notebook/laptop ini dibagi berbagai jenis menurut sizenya. Tapi kali ini saya ga mau ngebahas tentang size laptop atau jenisnya. Yang paling penting sekarang adalah gimana kita menyayangi lappie yang kita punya sebagaimana kita menyayangi pacar kita he…he…

Ok langsung aja ga usah kepanjangan. Saat ini tentu kita udah tau kalau laptop bukan benda yang baru lagi dan sudah tentu sekarang tiap golongan bisa membelinya tidak seperti beberapa tahun yang lalu, Laptop identik dengan bisnismen atau orang kaya. Sekarang dengan budget 5-6juta kita udah bisa membeli si Lappie walaupun dengan spesifikasi yang standart tapi udah lumayan lah. Kalau mo sedikit ngeluarin kocek ya bisa diupgrade. Tapi biar bagaimanapun kita harus bijak memilih. ”Kita ikut harga atau harga ikut kita”, nah lo udah gitu kan kita tinggal itung dana yang tersedia. Aku aja masih setia sama lappie lama NEC VERSA E680 dengan prosesor Intel Pentium M tapi aku dah upgrade memory ke 1GB. Pokoknya yang paling penting dirawat dan disayang (waduh kayak pacar aja).
Nah disini aku mau tukar pengalamanku dengan pembaca. Beli laptop siapapun bisa tapi untuk merawatnya itu yang perlu ketelitian. Dibawah ini ada beberapa tips merawat si Lappie biar tidak ngambek, he…he.
1.Menjaga Arus Listrik tetap stabil.
Ini bisa dilakukan dengan menggunakan UPS yang bisa dibeli ditoko-toko elektronik. Kenapa pakai UPS? Karena Laptop berbeda dengan Desktop. Laptop lebih rentan terhadap loncatan-loncatan arus listrik secara mendadak. Contohnya pada saat listrik mati mendadak padahal kita lagi asyik surfing internet. Kayaknya sepele tapi ini bisa berakibat fatal seperti layar lappie jadi blank atau mati total.
2.Memastikan kabel adapter.
Sebelum kita memasang kabel charger yang terhubung ke laptop sebaiknya kita sambung dulu kabel adapter yang ke listrik PLN. Karena kalau kita perhatikan betul-betul pasti ada percikan api saat kita menancapkan kabel ke PLN padahal kabel yang satu lagi udah terhubung ke laptop. Nah hal ini yang harus kita hindari karena bisa berakibat buruk pada si lappie. Motherboad bisa rusak karena hal ini.
3.Pemakaian battery.
Nah hal ini yang kadang kita suka lupa. Tahu ga battery laptop terbuat dari Lithium Ion dimana penggunaannya tidak boleh sampai habis sama sekali dan tidak boleh over charge. Karena bisa mengakibatkan battery rusak dan laptop terlalu panas (bahasa kerennya overheat). Maka dari itu sebaiknya kita menyeting alarm low battery pada saat battery tinggal 10-20%. Jadi sebelum habis kita udah bisa mengecharge kembali.
4.Jangan menaruh laptop pada posisi ON ditempat yang lunak atau empuk.
Untuk hal ini mungkin semua sudah tahu. Kenapa karena kebanyakan laptop mempunyai lubang sirkulasi dibawah dan samping casing/blok. Kalau si laptop panas ya jangan nyalahin laptopnya salahin kita yang naruh diatas kasur atau bantal. Untuk mengatasinya kita bisa membeli COOLPAD atau pendingin yang sekarang banyak dijual dipasaran.
Ok dah capek nih aku rasa cukup ini dulu kalau kepanjangan pastinya pembaca jadi males. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

6 komentar:

Zulmi Irvansyah on Sabtu, November 14, 2009 5:55:00 PM mengatakan...

dan kalau mau pke untuk waktu lama, mendingan g usah pka batre(biar awet hehe^^)

Hery on Sabtu, November 14, 2009 7:09:00 PM mengatakan...

betul juga sobat Zulmi tapi,kalo kelamaan disimpen justru batrey tersebut malah bisa rusak jadi ya,kadang2 kita pake biar g cepet rusak

rojai82 on Senin, November 16, 2009 1:18:00 PM mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat, tapi .... aku kan belon punya laptop hehe ... tapi suatu saat aku pasti punya. terus, saat itulah informasi ini akan sangat membantuku.

Hery on Senin, November 16, 2009 1:55:00 PM mengatakan...

Asal ada kemauan disitu ada jalan betul kan,kalau belum punya ya kumpulin dulu recehnya he....heeeee

inyoman on Selasa, Desember 01, 2009 4:06:00 PM mengatakan...

hebat kawan...
pertama-tama saya pengen bilang salut ma sobat..

btw orisinal and top bgt..
jangan lupa koment balik

from
putra site
http://putraunj.blogspot.com or www.jepang.tk

anywhere_Smile on Jumat, September 03, 2010 9:18:00 AM mengatakan...

This set of unspoken pandora jewerly rules went unchallenged it's not pandora bead and this extra weight, almost magically, pandora charms bracelets everything changed.Brings about acne could Pandora beads find out how traditions evolve, they simply do. To discount pandora the creative mind, images of a wizened pandora sale old wizard sitting atop a stone tower towards discount pandora charms the top of by far the largest mountain pop into your head. He sits Pandora beads 2010 in his white robe stroking his long a few facial beard pandora beads charms coupled with surveys the earth's weddings to be which buy pandora charm has a look of greatly consternation.