ASAL ZODIAK


Posting kali ini atas permintaan dari sobatku 2012, Untuk mengulas tentang ZODIAK. Setelah bertungkus lumus mencari info seputar Zodiak akhirnya tiba saatnya untuk menuangkan di dalam blogku tersayang ini. Ok langsung aja tanpa banyak basa-basi.
      ZODIAK sesuatu yang sering sekali kita lihat dan dengar baik melalui tayangan-tayangan televisi, radio, maupun media-media informasi yang lain seperti koran atau majalah-majalah. Di kalangan remaja Zodiak begitu akrab terlebih lagi remaja-remaja yang sedang jatuh cinta, mereka akan mencari keberuntungan dengan melihat zodiak pasangannya.
     ZODIAK berasal dari bahasa Yunani ZOODIACOS CYCLOS yaitu sebuah lingkaran atau sabuk khayal dilangit dengan lebar 18 derajat dan berpusat pada lingkaran EKLIPTA. Di bola langit terdapat garis khayal yang sering disebut dengan lingkaran eklipta. Jika kita lihat dari bumi semua benda tata surya diantaranya Planet, Bulan, dan Matahari beredar mengelilingi lingkaran eklipta. Jadi zodiak bisa juga dikatakan rasi bintang. Terus apa sih keistimewaan dari ZODIAK dibanding rasi bintang lainnya? Keistimewaannya adalah kedua belas zodiak tersebut berada diwilayah langit yang memotong lingkaran eklipta. Jadi dapat disimpulkan bahwa zodiak adalah rasi bintang yang berada sepanjang lingkaran eklipta.
Dipercaya awal mula konsep ini berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat dan hanya terdapat 6 rasi bintang yaitu :
  1. TAURUS.
  2. CANCER.
  3. VIRGO.
  4. SCORPIO.
  5. CAPRICORNUS.
  6. PISCES.
Ke enam rasi tersebut kemudian dibagi menjadi dua belas karena penampakan tahunan 12 kali bulan purnama. Ke 12 rasi bintang tersebut adalah :
  1. Capricornus. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 26 hari, yaitu dari 21 januari - 16 Februari. Zodiak ini dilambangkan dengan kambing laut.
  2. Aquarius. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 24 hari, yaitu dari 16 Februari - 11 maret. Zodiak ini dilambangkan dengan pembawa air.
  3. Pisces. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 38 hari, yaitu dari 11 Maret - 18 April. Zodiak ini dilambangkan dengan ikan.
  4. Aries. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 25 hari, yaitu dari 18 April - 13 Mei dan dilambangkan dengan domba.
  5. Taurus. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 40 hari, yaitu dari 13 Mei - 22 Juni dan dilambangkan dengan kerbau.
  6. Gemini. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 29 hari, yaitu dari 22 Juni - 21 Juli. Zodiak ini dilambangkan dengan Sikembar.
  7. Cancer. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 20 hari, yaitu dari 21 Juli - 10 Agustus. Kepiting adalah lambang dari zodiak ini.
  8. Leo. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 37 hari, yaitu dari tanggal 10 Agustus - 16 September. Si raja rimba singa mewakili dari zodiak ini.
  9. Virgo. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 45 hari, yaitu dari 16 September - 31 Oktober. Seorang gadis perawan mewakili zodiak ini.
  10. Libra. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 23 hari, yaitu dari 31 Oktober - 23 November. Timbangan adalah sombol dari zodiak ini.
  11. Scorpio. Dimana kedudukan matahari berada didepan rasi ini selama 25 hari, yaitu dari 23November - 18 Desember. Kalajengking adalah simbolnya.
  12. Sagitarius. Matahari berada didepan rasi ini selama 34 hari yaitu dari 18 Desember - 21 Januari. Pemanah adalah simbol dari zodiak ini.
     Dari uraian diatas seseorang akan menyandang tanda zodiak menurut tanggal dan bulan kelahirannya. Akan tetapi didalam pembagian zodiak ini tidak ditentukan tahun kelahirannya, berbeda dengan Shio yang dipercayai masyarakat cina/keturunan tionghoa. Jika dari zodiak tersebut kemudian seseorang bisa diramalkan nasibnya itu terpulang dari pembaca untuk percaya atau tidak. Karena kalau buat saya sendiri ZODIAK hanya sekedar lambang atau simbol dari tanggal dan bulan kelahiran kita tidak lebih dari itu.



17 komentar:

harto on Senin, Februari 15, 2010 7:11:00 AM mengatakan...

waaahhh.... masalah ramal meramal yaaa... mohon maaf yaa sobat, baiknya saya kabuuuurrr....

Bayu Lebond on Senin, Februari 15, 2010 7:28:00 AM mengatakan...

...♪♫..boleh percaya...boleh curiga...kalau percaya...anda berdosa..♫♪ (by : PMR)

eNKa on Senin, Februari 15, 2010 7:32:00 AM mengatakan...

kalau lahir pas tanggal 29 februari berarti zodiaknya apa mas? kan hanya 4 tahun sekali

212 on Senin, Februari 15, 2010 7:32:00 AM mengatakan...

postingan bagus mas. salam kenal

poterpoenya on Senin, Februari 15, 2010 9:59:00 AM mengatakan...

thanks buat sobat semua yang udah ninggalin komennya.
@pak harto:ini bukan ramalan pak saya cuma mengulas tentang asal muasal lambang zodiak.
@kang bayu:betul...betul...betul (kata si Ipin & Upin).
@eNKa:wah aku sendiri juga bingung tuh masuk rasi bintang mana ya?
@212:Ok lah kalo begitu, lam kenal juga buat 212(kapak wiro sableng kaliiiiii).

diva on Senin, Februari 15, 2010 6:08:00 PM mengatakan...

zodiak ngga terlalu percaya mas!!

Darma Saputra on Senin, Februari 15, 2010 7:14:00 PM mengatakan...

Permisi, saling kunjung ya di blog BUJANG RIAU....
http://www.darma-saputra.co.cc/, di tunggu ya kedatangan sobat bloger setanah air, salam kenal

Kinjenx on Senin, Februari 15, 2010 7:37:00 PM mengatakan...

diva@ aduh diva kan aku dah bilang cuma simbol/lambang rasi bintang aja. percaya nggak percaya tanya pak Leo aja..he..he..he

Kinjenx on Senin, Februari 15, 2010 7:37:00 PM mengatakan...

Darma@lam kenal jug thanks dah mampir

ina on Selasa, Februari 16, 2010 11:11:00 AM mengatakan...

lingkaran eklipta... hemmm jdi tahu nih... makasih infonya yah kag :)


Dukung ina yuk kag :)
Suka dengan tulisan2 ina????,, Bantu dengan Vote Disini
Pilih Nafsul Muthmainah | http://inamuth2.blogspot.com Thanks kakag :)

si cantik on Selasa, Februari 16, 2010 11:12:00 AM mengatakan...

klo aku sih soal zodiac percaya gag percya hehehe... thanks infonya kag :)

Kian Coi on Selasa, Februari 16, 2010 11:17:00 AM mengatakan...

emang yang namanya ramalan sedikit banyak menjadi patokan seseorag untuk melangkah...ya mau percaya atau nggak sah sah aja kayaknya...!!!

Phuad on Rabu, Februari 17, 2010 12:12:00 AM mengatakan...

hmm..
zodiak..buatku sih cuma buat bacaan aja..
kyk komik,hehe..

athene on Kamis, Februari 18, 2010 3:11:00 PM mengatakan...

ini mah urusan paranormal tingkat tinggi, kalw gw mah belum sanggup jajal yang ginian. tapi zodiac q piscess and shio q naga,,, :)

Hery on Kamis, Februari 18, 2010 7:07:00 PM mengatakan...

thanks banget buat sobat-sobatku yang udah meluangkan waktu untuk komen.

燒餅油條Little Pig on Kamis, Mei 06, 2010 10:00:00 PM mengatakan...

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

anywhere_Smile on Sabtu, Agustus 28, 2010 10:55:00 AM mengatakan...

If the links to not links london lead to the maximum increase in traffic discount links of london then what value would the links truly links of london silver possess. They would end up being little more than window dressing at worst and minimally impactful links of london sale at best. That is not what a new online business links london jewellery looking for a spike in revenues would wish to links london bracelet yield.Also, when you are running a new business, your london links charms time will limited as there will be scores of other responsibilities links of london watches sale competing for your time. That means you won't be able to discount links of london rings do what is necessary to individually place your own links on cheap links of london necklaces the internet. Rather than do so, you could buy links and delegate the work to others.