Gangguan tidur pada usia lanjut


Halo... sobat blogger dan sobat semua yang masih setia mengikuti blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang gangguan tidur terutama dikalangan orang yang berusia lanjut. Keluhan gangguan tidur pada usia lanjut seringkali kurang mendapatkan perhatian, kenapa? Mungkin karena hal ini adalah hal yang biasa terjadi pada orang yang berusia lanjut. Hal seperti ini seringkali dianggap wajar oleh sebagian orang, tapi banyak juga yang sudah menyadari gejala ini lalu berkonsultasi ke dokter. Ternyata gangguan tidur dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang terlebih lagi untuk para orang tua yang berusia lanjut. Bagi orang peduli akan hal ini mereka tidak akan sungkan untuk bertemu pakar ataupun dokter. Dengan kerjasama antara pasien dengan dokter, ternyata tidak sedikit yang mampu keluar dari masalah ini dan dapat menikmati kualitas tidur yang sehat. Gangguan tidur pada usia lanjut lebih banyak terjadi jika dibandingkan dengan mereka yang masih muda. Selain dipengaruhi oleh usia gangguan tidur juga disebabkan penyakit antaranya : jantung, neurologi, paru dan sakit sendi.Obat-obat yang dikonsumsi untuk mengurangi sakit tersebut juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur kita.
Para pakar membagi gangguan tidur menjadi INSOMNIA (susah tidur), HIPERSONIA (terlalu banyak tidur) dan Tidur dengan gerakan gerakan.
Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi hal ini? Semua ini memerlukan pemahaman mengenai kebiasaan hidup sehat serta perilaku tidur yang baik atau dikenal dengan istilah HYGIENE tidur.
Kita bisa mulai belajar mengatasi hal ini dengan cara :
  1. Menghindari makan makanan berat sebelum tidur, sebaiknya mengkonsumsi makanan     ringan saja seperti pisang atau susu.
  2. Hindari minuman yang mengandung alkohol, kafein, dan coba hindarilah merokok.
  3. Kurangi asupan cairan pada malam hari untuk mengurangi bangun tidur untuk pergi ke toilet.
  4. Usahakan jadwal bangun dan tidur secara teratur.
  5. Usahakan jangan tidur siang terlalu lama cukup sekitar 30menit saja.
  6. Lakukan gerakan-gerakan senaman 4jam sebelum tidur.
  7. Buat suasana kamar tidur menjadi nyaman (lampu jangan terlalu terang, tidak berisik  dan sebagainya).
  8. Usahakan tempat tidur hanya untuk tidur saja. jangan melakukan aktivitas menonton tv, membaca buku atau menggunakan laptop diatas tempat tidur.
  9. Berjumpalah dokter atau pakar jika merasa tips-tips diatas tidak berhasil mengatasi masalah gangguan tidur anda.
Jadi selama kita bisa menjaga kualitas tidur kita sedikit banyak dapat mendukung tubuh kita untuk selalu segar, maka kita bisa menjalankan segala rutinitas tanpa masalah. Ok...sobat blogger dan sobat pembaca mudah-mudahan tips-tips diatas bisa bermanfaat, karena kesehatan melebihi segalanya. Jangan lupa sebelum tidur berikan komentar sobat. terima kasih

0 komentar: