Tunjukan jiwa sosialmu dengan DoFollow


do-follow Pictures, Images and PhotosDofollow atau Nofollow? Apa sih bedanya antara Dofollow dengan Nofollow? Ya jelas beda banget dong dari depannya aja sudah beda gimana sih...! Ok lah kalau begitu kita sama-sama memahami walaupun aku juga belum begitu faham sih, tapi tidak ada salahnya kita sama-sama belajar. Untuk blogger yang sudah dipapan kayu eh...eh..eh papan atas maksudnya, hal seperti ini bukan hal yang baru, lain seperti aku yang baru nyemplung.
Aku dapat ide nulis artikel ini waktu berkunjung ke blog pak Bony Hardian. Setelah aku baca dan aku fahami ternyata boleh juga buat meramaikan blogku yang masih sepi pengunjung, dengan bantuan tante alexa. Jadi to the point aja ya....
Di negara kita atau mungkin juga dinegara-negara terdapat begitu banyak pengguna jasa blog, tapi rata-rata adalah pengguna jasa pribadi atau blog pribadi , contohnya blogspot dan wordpress. Nah kedua blog ini masih dalam settingan Nofollow alias masih aslinya.
*Sekarang apa sih yang dimaksud Nofollow itu?
Nofollow adalah settingan pada web atau blog, dimana jika kita memberikan komentar ke blog yang kita kunjungi kita tidak dihitung menaruh link ke dalam blog tersebut (tidak dihitung backlink oleh om Google). Tetapi pengunjung tetap bisa mengunjungi link URL komentator.
*Sekarang apa yang dimaksud Dofollow itu?
Sama seperti No Follow, Dofollow adalah settingan pada web atau blog, dimana jika kita memberikan komentar ke blog yang kita kunjungi maka link atau URL yang kita pasang bisa dideteksi oleh mesin pencari dan memberikan backlink(tautan balik) kepada pengunjung yang memberikan komentar.
Nah sekarang sudah jelas kan bedanya, siapa belum jelas silahkan tunjuk gigi.... (eeeeehhhh tunjuk jari).
*Kenapa backlink begitu penting untuk blog kita?
Ya jelas banget penting karena dengan backlink yang banyak kita bisa meningkatkan pagerank Goggle kita, jadi biar telornya bisa menetas tidak seperti punya ana telor googlenya belum menetas juga. Nah buat pengunjung yang memberikan komentar ke blog kita sudah otomatis mendapat backlink yang berpengaru pada pagerank blognya.
*Apa kelebihan dan kekurangan Dofollow?
Kelebihannya adalah :
  • Blog menjadi lebih disukai pembacanya karena bermanfaat memberikan backlink gratis.
  • Blog mendapat banyak kritik dan saran yang membangun sehingga pemilik blog menjadi lebih aktif mengoptimalkan blognya.
  • Pemilik blog dianggap memiliki jiwa sosial yang tinggi (Nah ini yang penting).
  • Meningkatkan pageview blog kita.
  • Memperkuat hubungan silaturahmi karena blog kita menjadi ramai yang berkunjung.
Kekurangannya adalah :
  • Banyak spammers yang berkunjung memberiakan komentar ke dalam blog kita seperti program-program PTC atau bisnis scam yang mampir. Tetapi selama bisa dibuang atau dihapus sepertinya bukan masalah yang besar. Nih buat pengguna Wordpress bisa memasang plug in Akismet, untuk mengantisipasinya. Kalau untuk Blogspot wah belum tau nih, buat pembaca yang tahu kasih tau ya?
*Cara membuat blog kita Dofollow .
  1. Log in - Tata letak - Edit HTML.
  2. Beri tanda pada Expand Widget.
  3. Cari kode rel='nofollow' caranya tekan ctrl+f  trus tulis pada kota kode tersebut.
  4. Setelah ketemu hapus kode rel='nofollow' (kode itu saja ya jangan yang lain).
  5. Simpan template.
*Cara mengetahui blog yang kita kunjungi sudah Dofollow atau belum.
  • Biasanya pemilik blog akan meletakkan tulisan Dofollow pada blognya.
  • Bisa memasang add_ons pada mozila yang kita pakai. bisa di download disini . Kalau sudah tinggal install, dan untuk menngunakannya tinggal klik di tool bagian atas lalu klik Nodofollow. atau bisa dengan klik kanan pada blog yang kita kunjungi (untuk yang belum dimatikan klik kanannya).
Jadi sebelum kita berkomentar disuatu blog alangkah baiknya kita cek dulu apakah blog itu sudah Do follow atau belum. Jika blog sudah Dofollow maka link/URL pada komentar akan berwarna hijau atau biru, sedangkan jika belum akan berwarna merah. Oh iya maaf ya ada tambahan dari sobatku kian ternyata warna ini bisa berubah kalau kita sudah merubah warna pada CSS nya. Jadi warna tergantung kita sudah mengutak atik warna pada blog kita. Kalau sudah diubah ya kemungkinan jadi warna lain.
Ok sobat selamat mencoba dan jangan lupa jika artikel ini bermanfaat silahkan tinggalkan komentar.
Photobucket

7 komentar:

heru on Selasa, Desember 29, 2009 3:22:00 PM mengatakan...

blog saya udah do follow boss

Kian Coi on Selasa, Desember 29, 2009 6:18:00 PM mengatakan...

hallo sob aq mo kritik nih ( bolehkan..??,demi kebaikan bersama..!!!).

melihat dari kalimat dari postingan loe ini "Jika blog sudah Dofollow maka link/URL pada komentar akan berwarna hijau atau biru, sedangkan jika belum akan berwarna merah..", aq agak krng setuju karena, warna link pd komentar itu bisa diatur dengan mengganti pada kode CSS nya. sedangkan format Dofollow sendiri tidak melihat berdasarkan warna linknya, melainkan format teks kode XML yang kita hapus tadi yaitu rel='nofollow'.

nah untuk lebih jelas loe bisa kunjungi blog aq, http://kianhome.blogspot.com/2009/12/apa-kenapa-dan-bagaimana-harus-dofollow.html

sekali lagi aq nggak bermaksud untuk menggurui,hanya ingin berbagi demi kebaikan bersama...

so, keep blogging always

hery on Selasa, Desember 29, 2009 7:23:00 PM mengatakan...

buat sobat heru, Ok dech kita Follow sama-sama wekekekeek, Buat Kian thanks bgt sobat kritikan yang seperti ini yang aku tunggu. bener juga ternayata warnanya bisa diganti pada kode css nya.keep your smile....

Kian Coi on Rabu, Desember 30, 2009 10:14:00 AM mengatakan...

no body perfect friend..itulah arti persahabatan, dmn kita akan selalu diberitahu jika kita sedikit keliru.. yg terjadi ama loe bisa jg terjadi ama gw, so much go on aja..!!!

kpn nih mau do follow nya..???

Rizkyzone on Sabtu, Januari 02, 2010 4:08:00 PM mengatakan...

apapun formatnya no / do.... coment2 tetep lanjut

Adi on Sabtu, Januari 02, 2010 4:42:00 PM mengatakan...

btul kta mas Rizky2009 diatas..."do" ato "no" ttp aj dmi mmprerat prshabatn antar blogger, komen dpt djdikan medianya...btw ttp aj Nice Info Sobat...

Salam Blogger...

poterpoenya on Sabtu, Januari 02, 2010 10:11:00 PM mengatakan...

ok buat Rizky dan adi ,thanks dah mampir...aku dukung NO or DO ,ttp dikunjungi, kan intinya silaturahmi kan sobat...