Gizi Paprika


Paprika atau CAPSICUM ANNUM adalah sejenis cabai yang berasa manis dan sedikit pedas. Paprika berasal dari family SOLANACEAE, bentuknya unik, yaitu besar dan gendut seperti buah kesemek. Cabai ini sering digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan sayuran.
Tanaman paprika cocok tumbuh diberbagai iklim dan dapat tumbuh diberbagai belahan dunia. Paprika berasal dari Amerika Selatan dan banyak dikembangkan di Hungaria. Berdasarkan warnanya paprika di bedakan menjadi paprika hijau, paprika merah, dan paprika kuning.Berdasarkan rasanya paprika dibedakan menjadi dua jenis yaitu paprika manis dan paprika pedas. Paprika manis berbentuk besar dan paprika pedas berbentuk lebih kecil.
Paprika ternyata kaya vitamin C, bahkan kandungannya lebih tinggi dari jeruk. Paprika juga kaya zat gizi dan dapat mencegah kanker, jantung koroner (PJK), stroke, diabetes melitus, dan mampu meningkatkan kualitas sperma.
Setiap 100 gram paprika merah mengandung 190 mg vitamin C, tertinggi diantara jenis paprika lainnya. Sebaliknya 100 gram jeruk hanya mengandungi 30 – 50 mg vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai senyawa yang dibutuhkan tubuh dalam berbagai proses penting.

0 komentar: